BERITA
Sektor Film Jadi Salah Satu Subsektor Serap Tenaga Kerja
Film menjadi subsektor yang dapat menggerakkan ekonomi dengan menyerap banyak tenaga kerja
OlehSalsabilla Ramadhanty
10 April 2022 02:51
featured image

Sokoguru.id – Film diduga menjadi salah satu subsektor penggerak ekonomi dengan menyerap banyak tenaga kerja dengan cepat. Hal itu dinyatakan oleh Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.


Dalam keterangan resminya, ia menyatakan bahwa Film berkontribusi terhadap pemberdayaan sumber daya manusia. “(Subsektor Film) memiliki multiplier effect untuk mempercepat pemulihan ekonomi, berkontribusi terhadap pemberdayaan dan kemandirian masyarakat.” Ujar Sandiaga saat diwawancarai tim Antaranews pada Selasa, 22 Februari 2022.


Sementara itu, sudah terdapat 215 film yang mendaftar ke Family Sunday Movie (FSM), festival film pendek yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang diselenggarakan sejak tanggal 2-12 Februari 2022. Sandiaga menuturkan, jika sebuah komunitas memproduksi satu film saja, sudah membutuhkan sekitar 30 orang tenaga kerja. Berarti, dalam bulan pertama pendaftaran program FSM ada sekitar 6.450 tenaga kerja terserap. 


Festival tersebut mengundang antusiasme masyarakat karena dinilai menjadi idikasi kebangkitan dalam sektor ekonomi kreatif. Sebab, FSM  merupakan salah satu program Kemenparekraf yang tepat guna, tepat sasaran serta tepat manfaat, utamanya bagi sineas lokal. 


“Melalui FSM, sineas daerah memiliki wadah untuk mendistribusikan karya, mendapat kesempatan yang sama, merasakan pengalaman berkompetisi, mengasah kemampuan untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi, serta membuka peluang untuk membuka peluang menciptakan lapangan kerja yang selluas-luasnya.” Imbuh Sandiaga. 


Emil Heradi, sebagai Ketua Panitia FSM menukas bahwa bulan pertama setelah dibukanya pendaftaran FSM, sudah mencapai 215 film. “FSM adalah festival  film yang demokratis, siapapun mendapat kesempatan yang sama dan selera untuk berekspresi dan berprestasi.” Katanya. 


Harapan Emil, selanjutnya semakin banyak sineas lokal mendaftarkan film-film yang memiliki jalan cerita unik dan menarik. Selanjutnya, bagi pendaftar yang belum sempat registrasi, dapat dilakukan mulai 2 hingga 12 Maret dengan mengunjungi www.familysundaymovie.com 


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Chandra Hamdani Noor
Editor Sokoguru: Nuari Hadian