BERITA
Sambeang: Bir Non Alkohol Khas Sumedang Selatan
Mau merasakan sensasi bir halal ala Sumedang Selatan? Kamu bisa menemukan bir Sambeang di acara Expo UMKM dan pagelaran budaya di kabupaten Sumedang!
OlehSalsabilla Ramadhanty
01 Agustus 2022 14:43
featured image
Kedai Sultan Dalam Perhelatan Expo UMKM dan Pagelaran Seni Sumedang

Sokoguru.id - Yang sudah pernah merasakan sensasi bir, pasti sudah tak asing lagi dengan rasanya yang kecut, pahit, dan agak masam di lidah. Namun, kebanyakan minuman bir mengandung alkohol dengan takaran yang berbeda-beda. Walhasil, hanya kelompok masyarakat tertentu yang dapat menikmati minuman tersebut. Tapi, apakah kamu tahu jika di Sumedang selatan ada bir tanpa alkohol?


Sambeang, menjadi salah satu produk unggulan yang bisa kamu temui di perhelatan Expo UMKM dan Pagelaran Seni Kabupaten Sumedang, tepatnya di area pacuan kuda Ketib. Di sana, kamu dapat menjumpai 100 lebih tenant UMKM yang menawarkan berbagai jensi produk unggulan dan unik dari masing-masing daerah di Sumedang.


Berbicara mengenai produk unggulan UMKM, Sambeang merupakan salah satu UMKM yang memiliki nilai khas dan unik. Sambeang merupakan produk hasil fermentasi dari pucuk teh hijau yang berasal dari dataran Cisoka Sumedang Selatan. Keunikan yang bisa dinikmati dari sebotol bir ini, adalah cita rasa khas bir dengan sentuhan lokal yang kental.


Dede, penjaga stand Sambeang mengatakan bahwa fermentasi teh ini sudah melewati test laboratorium. Hasilnya, bahwa bir Sambeang memiliki banyak khasiat. "Jadi, kalau minum ini bisa menyembuhkan orang yang suka mabuk. Jadi bisa dijadikan alternatif untuk yang suka minum alkohol," tukasnya.


Rasa khas dari minuman bir Sambeang ini, terasa seperti bir pada umumnya dengan aroma yang kecut, masam dan agak pahit. Namun, sangat enak untuk dinikmati dengan suguhan pisang goreng atau makanan ringan lainnya. Biasanya, bir dengan kandungan alkohol akan terasa panas saat ditelan, namun bir Sambeang tidak memiliki sensasi terbakar di tenggorokan seperti bir lainnya.


"Ini 100% halal dan non alkohol. Jadi kalau kata orang, bir ini bisa diminum di masjid," ucap Dede. Ada dua varian minuman bir ini. Jika kamu lebih familiar dengan cita rasa teh hijau, kamu bisa memesan Sambeang teh hijau. Namun, jika kamu lebih menyukai sensasi teh hitam, kamu bisa memilih varian bir teh hitamnya yang tak kalah nikmat.


Bahkan, Dede mengatakan, jika produknya ini sedang berada pada proses pengajuan label "Halal" Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara resmi. Sehingga masyarakat muslim tidak perlu ragu akan legalitas bir Sambeang.

Dua Varian Dari Bir Khas Sumedang Selatan: Fermentasi Teh Hijau dan Teh Hitam


Tak hanya sebagai alternatif minuman beralkohol, ia juga mengatakan jika Sambeang ini dapat menurunkan kadar kolesterol. Tidak hanya mengandung bermacam-macam khasiat, bir Sambeang ini dibandrol dengan harga yang murah meriah. Kamu hanya tinggal membayar sebesar Rp 17 ribuan saja untuk bisa menikmati bir Lokal Sumedang ini.


Jika kamu penasaran bagaimana keunikan rasanya, kamu bisa mengunjungi stand "SULTAN" yang ada di gerbang masuk Expo UMKM kabupaten Sumedang, tepatnya berada di sebelah barat pendopo kesenian, di area pacuan kuda Ketib. Tak hanya menjual sajian bir, kedai SULTAN ini pun menjual berbagai produk teh kering seduh khas Rengganis dan Kopi khas Sumedang.

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus