BERITA
Rehabilitasi Hutan Mangrove, Diinisiasi Pemkab Serdang
Pemkab Serdang, mendorong upaya rehabilitasi hutan mangrove untuk mencegah perubahan iklim. Karena mangrove merupakan tanaman yang mampu memitigasi perubahan iklim.
OlehSalsabilla Ramadhanty
27 Juli 2022 09:58
featured image
Penanaman Bibit Mangrove Oleh Pemkab Serdang

Sokoguru.id - Pemkab Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mendorong semua pihak untuk turut melakukan upaya rehabilitasi hutan mangrove karena pemulihan ekosistem mangrove dinilai langkah penting dalam memitigasi perubahan iklim.

Bupati Serdang Bedagai, Darma WIjaya di Seirampah, Rabu, mengatakan, keberadaan ekosistem mangrove yang baik di kawasan pesisir, dapat meningkatkan ketahanan masyarakat di pesisir terhadap perubahan iklim.

Pemkab Serdang Bedagai secara konsisten terus mendorong upaya-upaya rehabilitasi, termasuk masyarakat di seluruh wilayah Serdang Bedagai.

"Sehingga nantinya, Serdang Bedagai memiliki hutan mangrove dengan berbagai keanekaragaman jenisnya," katanya.

Terkait hal tersebut, pihaknya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya penanaman ribuan mangrove oleh Lantamal I Belawan di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Secara khusus dia juga meminta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, sehingga apa yang menjadi harapan bersama untuk mewujudkan pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik dan berkualitas, dapat terlaksana.

Melalui momentum penanaman mangrove nasional itu, ia juga berharap, dapat menambah semangat untuk senantiasa terus memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan.

"Salah satu tujuan dari kegiatan itu adalah memberi pengetahuan dan penyadaran kepada generasi muda tentang ekosistem pesisir. Hal ini sangat beralasan karena Indonesia merupakan salah satu negara biodiversity, yang memiliki hutan mangrove terluas di dunia," kata Darma Wijaya.

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I Belawan bersama menanam ribuan bibit mangrove di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia.

Sebelumnya Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal l) Belawan, Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, mengatakan, penanaman mangrove itu dilaksanakan serentak di 77 lokasi di seluruh Indonesia dan merupakan perintah langsung dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Ini dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia. Hari ini kami sudah menanam mangrove sebanyak 20.000 di area 12 hektar secara bertahap. Ini akan terus kami lakukan sampai target 30.000 tanaman mangrove di Kabupaten Serdang Bedagai tercapai," katanya.

Pewarta : Juraidi | Editor Antara : Andi Jauhary

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus