BERITA
Pesona Tambun Bungai: Bangkitkan Pariwisata dan UMKM Palangkaraya
Festival UMKM dan pariwisata Pesona Tambun Bungai 2022, diapresiasi sebagai pendorong sektor pariwisata Palangkaraya. Dalam acara tersebut juga, memperkenalkan ragam potensi pariwisata maupun prodyk-produk unggulan UMKM.
OlehSalsabilla Ramadhanty
05 Agustus 2022 03:38
featured image
Pemprov Palangkaraya Apresiasi Festival UMKM dan Tambun Bungai

Sokoguru.id - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengapresiasi pelaksanaan Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai 2022 karena turut membantu membangkitkan sektor pariwisata serta UMKM di wilayah setempat.

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Palangka Raya, Kamis, mengatakan, festival ini memberi banyak manfaat, salah satunya memperkenalkan ragam potensi pariwisata maupun produk-produk unggulan UMKM.

"Selain itu, juga menumbuhkan kepedulian sekaligus mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangkitkan sektor pariwisata dan UMKM yang sempat terpukul akibat pandemi COVID-19," kata Edy.

Apalagi, lanjutnya, festival yang dilaksanakan sejak 4-7 Agustus 2022 ini memiliki rangkaian kegiatan yang sangat produktif, seperti pameran dan promosi digital, business matching, seminar dan talkshow, workshop, fashion show, hiburan, kuliner lokal, serta lainnya.

Untuk itu, dia mengutarakan harapannya agar kegiatan yang strategis ini, semakin memperkuat sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dalam upaya pemulihan ekonomi daerah, khususnya di bidang industri kreatif dan pariwisata.

"Dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri. Kita harus bekerja bersama agar pulih lebih cepat serta bangkit lebih kuat," tegasnya.

Hal itu, ujar dia, karena pemerintah tak bisa bekerja sendiri dan perlu dukungan dari perbankan, akademisi, dunia usaha serta masyarakat untuk berbuat sesuai perannya masing-masing dalam membangun ekonomi daerah maupun meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dia pun mengapresiasi partisipasi dan kontribusi Bank Indonesia (BI) selama ini dalam pemulihan ekonomi di Kalteng, termasuk melalui penyelenggaraan Festival UMKM dan Pariwisata Pesona Tambun Bungai 2022.

"Selama ini BI secara aktif membina UMKM baik dari sektor kerajinan maupun pangan, berbagai pelatihan agar UMKM bisa naik kelas, fasilitasi sertifikasi halal, serta pameran dari skala nasional hingga internasional," tuturnya.

Pria yang pernah menjadi Bupati Pulang Pisau ini menjelaskan, momentum kebangkitan ekonomi kreatif UMKM dan pariwisata harus terus didorong dan dijaga bersama, terlebih seiring melandainya pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah kedua sektor ini baik UMKM dan pariwisata sudah mulai kembali menggeliat. Salah satunya bisa dilihat dari gelaran Kalteng Expo 2022 yang baru saja diselenggarakan sebelumnya, mendapat sambutan yang sangat antusias dari berbagai pihak," ucapnya.

Oleh : Muhammad Arif Hidayat | Editor Antara : M Razi Rahman

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus