BERITA
Penting Untuk UMKM, Kenali dan Pelajari E-Katalog Sedini Mungkin
Bagi pelaku UMKM, sudah saatnya beralih memasarkan produk dengan berbagai macam platform yang tersedia. Salah satu yang dapat digunakan adalah e-katalog. Selain bisa menjaring lebih luas kesempatan, juga mampu berhubungan langsung dengan pemerintah.
OlehSalsabilla Ramadhanty
15 November 2022 03:24
featured image
sumber: indotelko.com

Sokoguru.id - Terdapat banyak sekali platform yang tersedia untuk UMKM dalam memperluas jaringan perdagangannya. Tidak hanya lewat pemasaran secara langsung, tetapi juga bisa lewat e-commerce yang menawarkan berbagai fitur menarik untuk digunakan secara gratis oleh pelaku usaha.

Dalam misi memperluas pasar itulah, kini UMKM difasilitasi dengan kehadiran E-katalog yang dibuat oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintahan (LKPP). Adanya E-katalog ini, memungkinkan pelaku UMKM dapat menjangkau pasar instansi pemerintahan dengan mudah.

Namun, masih banyak pelaku usaha yang belum mengenal E-katalog. Lantas apasih E-katalog itu? Bagaimana proses pendaftarannya? Dan sebesar apakah jangkauan pasar yang dapat diperoleh untuk pelaku UMKM? Simak penjelasannya berikut.

Mengenal E-Katalog LKPP

E-Katalog merupakan salah satu aplikasi atau platform belanja online yang sudah dikembangkan oleh LKPP. LKPP sendiri, bergerak di bidang penyusunan regulasi dan kebijakan terkait peneydia barang/jasa yang diperlukan oleh instansi pemerintah. Secara langsung, LKPP bertanggungjawab kepada Presiden.

Platform ini memberikan akses peluang yang sangat luas kepada pelaku usaha di Indonesia untuk turut menjadi salah satu penyedia barang/jasa yang dibutuhkan oleh instansi pemerintahan.

Dalam E-katalog sendiri, terdapat deretan jenis barang dan jasa sesuai dengan spesifikasi masing-masing produk. Misalnya, fasilitas kesehatan, alat penerangan jalan, pakaian batik, peralatan kantor, kebutuhan pertanian, hingga penyedia jasa seperti sewa kendaraan.

Keuntungan yang akan didapatkan UMKM setelah mendaftarkan produknya lewat e-katalog, selain dapat dengan mudah menjangkau pasar secara luas, UMKM juga akan dipinang oleh pemerintah secara lebih lanjut.

Apa Bedanya e-katalog Dengan Marketplace?

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara e-katalog dengan marketplace secara umum. Jika di marketplace, semua barang bebas masuk untuk kemudian dipasarkan, namun tidak demikian dengan e-katalog.

Produk yang sudah masuk ke dalam e-katalog, sudah melalui kurasi ketat yang dilakukan oleh LKPP, serta penyedia barang dan jasa terkait yang terikan dengan LKPP. Fitur yang terdapat dalam e-katalog sendiri ada empat jenis yakni katalog nasional, katalog lokal, katalog sektoral dan UMKM.

Sebelum pelaku usaha memulai untuk mendaftarkan produknya ke e-katalog, ada beberapa hal yang harus diberhatikan. Seperti memastikan jika produk yang dijual adalah produk yang dibutuhkan oleh pemerintah, serta produk tersebut sudah memenuhi kriteria e-katalog.

Untuk mengetahui produk-produk apa saja yang dibutuhkan oleh pemerintah atau tidaknya, serta kriteria seperti apa, pelaku usaha wajib periksa di sirup.lkpp.go.id . Namun, ada baiknya untuk mendaftarkan akun sirup terlebih dahulu.

Dalam pembuatan E-katalog ini sendiri, sudah diatur ke dalam Peraturan Presiden No. 12 tahun 2021 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintahan.

Cara Mendaftarkan e-katalog

Sebelum mendaftar pada e-katalog, pelaku UMKM bisa melihat pengumuman pendaftaran yang tercantum dalam laman e-katalog.lkpp.go.id

1) Pendaftaran pada SPSE.

  • Pendaftaran melalui aplikasi SPSE. Pilih SPSE kota terdekat, cek informasinya melalui inaproc.id
  • Mendaftarkan email
  • Menerima email konfirmasi pendaftaran
  • Melakukan konfirmasi email pendaftaran
  • Mengisi form pendaftaran
  • Melakukan verifikasi berkas pendaftaran di LPSE
  • Aktivasi user id dan kata sandi oleh verifikator LPSE
  • Login aplikasi SPSE menggunakan user id dan kata sandi
  • Melengkapi data penyedia pada aplikasi SIKAP

2) Memenuhi kelengkapan kualifikasi pada SIKAP

SIKAP ini bertugas untuk mengelola data kualifikasi pelaku usaha dan riwayat kinerja peneydia barang atau jasa.

3) Pendaftaran Jenis Produk

Setelah itu, pelaku usaha dapat mendaftarkan jenis produk yang diumumkan sesuai kategori (login melalui katalog.lkpp.go.id)

4) Proses Verifikasi

Sesudah proses verifikasi dan proses administrasi selesai, dilanjutkan dengan verifikasi harga dengan mengisi form pernyataan harga, penetapan verifikasi dan perikatan dan penayangan.

5) e-Purchasing

Pelaku UMKM telah ditetapkan sebagai penyedia brang/jasa dalam e-katalog dan sudah dapat melakukan transaksi.

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus