BERITA
Pengrajin Pesawat Aeromodelling dari Rancakalong
Pesawat aeromodelling menjadi pilihan Kurnia Rahayu. Ia membuat pesawat aeromodelling agar edukasi tentang pesawat dan penerbangan bisa menyentuh masyarakat luas.
OlehRauf Muhammad
08 Agustus 2022 07:18
featured image
Pesawat aeromodelling hasil produksi Sugema Mandiri dari Rancakalong

Di antara stan UMKM Expo dan Gelar Budaya 2022 di Sumedang, Sugema Mandiri menjadi salah satu stan paling mencolok. Di stan itu berjejer pesawat-pesawat berbagai ukuran. Mereka berfokus dengan produksi kerajinan tangan pesawat aeromodelling.

“Kalo diibaratkan, pesawat aeromodelling ini untuk edukasi terkait penerbangan,” tutur Kurnia Rahayu sebagai pemilik usaha ini.

Kurnia bersama Sugema Mandiri memiliki semangat tinggi dalam memproduksi pesawat aeromodelling. Pesanan pelanggan dari berbagai wilayah kerap menyibukkan Sugema Mandiri. Pesawat aeromodelling ini menembus pasar Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, dan Kalimantan.

Mulanya, produksi pesawat aeromodelling ini dilakukan dengan manual. Tetapi kini, Sugema Mandiri mendapat bantuan dalam pengadaan alat laser cutting. Kehadiran alat ini kemudian memberikan peluang besar untuk kemudahan produksi, sehingga kuota produksi bertambah.

Bagi peminatnya, pesawat aeromodelling ini dapat diboyong dengan harga yang beragam. Pesawat yang sudah siap terbang akan dibanderol dengan harga Rp. 2.000.000, sedangkan pesawatnya saja mulai dari Rp. 200.000.

“Semua jenis pesawat dapat dibuat, nanti bisa custom saja,” tegas Kurnia Rahayu bilamana masyarakat tertarik untuk memiliki pesawat aeromodelling dengan berbagai ukuran dan jenis pesawat.


Editor Sokoguru: Ahmad Yunus