BERITA
Pameran Seni Digital Akar Mengalir: Dari Generasi Muda untuk Problematika Polusi
Pameran digital NM Lab Internship bertajuk Akar Mengalir digelar di studio Kala Kini Nanti, di kawan Paris Van Java, Bandung.
OlehRafqi Sadikin
17 Mei 2022 09:43
featured image

Sokoguru.id- Bandung, (17/05/2022) Pameran digital NM Lab Internship bertemakan “Saving The Future of Our Water Resource”, AKANMENGALIR Digital Art Exhibition Akar Mengalir digelar di studio Kala Kini Nanti, di kawan Paris Van Java, Bandung.

Pameran yang menggabungkan unsur visual dan digital ini adalah puncak dari kegiatan peserta magang di studio Sembilan Matahari. Pameran dibuka pada tanggal 13 Mei 2022 dan akan berakhir pada tanggal 22 Mei 2022.

Studio Kala Kini Nanti sendiri merupakan art space yang terletak di lantai RL mall Paris Van Java, Bandung. Pameran permanen ini adalah tempat di mana karya-karya terbaru dari studio Sembilan Matahari dipertunjukan kepada publik.

Pameran Akar Mengalir menyuguhkan tampilan 3D interaktif di seluruh sisi dinding studio Kala Kini Nanti. Mulai dari 4 sisi dinding sampai ke lantai yang dipijaki audience. Seperti namanya, lantai yang dipijak akan menyala sebagaimana berdiri di atas air.

Sama halnya di sisi dinding Pameran Akar Mengalir, kala audience menyentuhnya, akan muncul citraan yang tentu menjadi suguhan tersendiri bagi setiap yang mengunjunginya.

Pameran ini mengangkat isu polusi air yang membayangi Bandung Raya sejak lama, terkhusus masalah sungai Citarum yang tak kunjung usai. “Kita conrern kepada masalah lingkungan dan juga berkolaborasi dengan masyarakat yang berinisiasi langsung dengan masalahnya, Komunitas Cika-Cika” tutur Audreysha Zalfa selaku project manager pameran ini.

Setiap pengunjung yang datang ke pertunjukan ini akan disuguhkan berbagai interpretasi masalah kontemporer yang dikemas secara berbeda. Jika biasanya kita menyaksikan berbagai masalah serius dalam berita, tetapi di Pameran Akar Mengalir, kita diajak untuk menjadi pemeran utama, menjadi orang yang terdampak dari masalah tersebut.

Semua cerita tersampaikan secara apik, pun dengan berbagai resolusi dan tawaran akan masalah polusi air. Baik dari segi visual, penceritaan sampai musik dikelola oleh NM Lab Internship yang terdiri dari anak-anak muda. Mereka mengolah pameran Akar mengalir sejak pengonsepan sampai pelaksanaannya.

“Di tim ini, mulai dari project manager, finansial, music sampai visual kita yang garap. Dimentori oleh Sembilan Matahari” lanjut Audreysha. Usai bekerja keras selama 3 bulan penuh, produk para peserta magang ini memacu animo yang mantap dari lini kreatif Bandung, berkarya juga mengampanyekan isu lingkungan yang semakin hari semakin nyata problematikanya.

Pameran ini masih berlangsung, sampai hari Sabtu, 22 Mei 2020. Pengunjung yang berminat bisa langsung menyambanginya dari pukul 10.00-21.00. Pertunjukan bisa ditonton oleh pengunjung selang satu jam sekali. Rasanya Rp60.000/tiket tak akan jadi masalah untuk suguhan Pameran 3D dengan suguhan yang wah.

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus