BERITA
Mencicipi Lezatnya Cokelat Glenmore, Lokal Tapi Citarasa Dunia
Cokelat terbaik dunia berasal dari Kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Terkenal karena citarasanya yang unik dan berkelas internasional.
OlehRauf Muhammad
06 Maret 2023 06:40
featured image
Cokelat Glenmore. Sumber: PTPN XII

sokoguru.id—Java Cocoa adalah istilah internasional untuk penyebutan kakao edel yang berasal dari Kendeng Lembu, Glenmore, Banyuwangi. 86 persen komoditas cokelat lokal ini telah memasok pasar internasional, seperti Jepang, Jerman, Perancis, Italia, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura.

Salah satu cokelat terbaik dunia dari Indonesia ini dikelola oleh PTPN XII di Doesoen Kakao seluas 600 hektar. Potensi yang luar biasa ini menjadikan Cokelat Glenmore menjadi modal bagi para pelaku UMKM dan masyarakat untuk mengembangkan olahan produk cokelat.

Melalui Festival Cokelat Glenmore yang akan berlangsung pada tanggal 11-12 Maret 2023 ini, pihak PTPN XII Kendeng Lembu bersama Pemerintahan Daerah Banyuwangi menggelar berbagai kegiatan wisata. Mulai edukasi mengenai mata rantai pengolahan cokelat hingga mencicipi berbagai varian rasa cokelat yang dikembangkan dari pabrik pengolahan.

“Harapan kami agar masyarakat bisa membuat bisnis berbahan dasar cokelat,” ujar Ipuk Fiestiandani, Bupati Banyuwangi. Ia melihat ada banyak potensi bisnis yang bisa mendongkrak ekonomi masyarakat Banyuwangi. Terlebih, produk cokelat dari Kecamatan Glenmore ini sudah punya nama internasional.

Glenmore memang menjadi salah satu penghasil kakao terbaik Indonesia, selain dari Tabanan Bali, Sulawesi dan Sumatera. Di lokasi PTPN XII ini, para pengunjung bisa melihat dapur olahan cokelat, kedai dan oleh-oleh cokelat, serta perkebunan cokelat.  

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus