BERITA
Masih Adakah Peluang Ekonomi di Industri Kopi Indonesia?
Banyaknya kafe yang buka dan tutup, membuat beberapa orang yang ingin berbisnis di industri kopi menjadi ragu. Sebab di samping keuntungan yang menggiurkan terdapat banyak tantangan yang mesti dihadapi oleh pebisnis di industri kopi. Apa saja peluang dan tantangan itu?
OlehRauf Muhammad
24 November 2022 07:30
featured image
Ilustrasi Kafe. Sumber: freepik.com

sokoguru.id—Industri kopi masih menjadi pilihan bagi para pebisnis. Banyak pebisnis yang memanfaatkan peluang bisnis kopi, mulai dari hulu hingga ke hilirnya. Bahkan beberapa pebisnis mulai bergerak untuk menjadi eksportir kopi ke Eropa.

Sejak film Filosofi Kopi booming, industri kopi di Indonesia ikut tumbuh. Berbagai kafe bermunculan menawarkan konsep tempat yang cantik dan racikan minuman enak. Profesi di industri kopi, seperti barista, roaster, QGrader, prosesor, hingga petani pun mulai tampak ke permukaan.

Melihat Peluang Ekonomi Kopi

Eko Sugiartono, seorang praktisi di industri kopi Bandung melihat bahwa peluang industri kopi masih terbuka lebar. Industri kopi yang amat panjang mampu membuka peluang ekonomi di setiap lini.

Di hulu, misalnya, masih banyak lahan kopi yang bisa dimaksimalkan dari segi pertanian. Masih banyak lahan yang bisa diolah untuk kebun kopi. Apa lagi tanaman kopi membutuhkan tanaman penaung dan penyelang agar bisa tumbuh dengan baik. Sehingga tanah yang ditanami kopi bisa tetap ditanami tanaman lain yang produktif.