BERITA
Komunitas Kopi Bandung Gelar Silaturasa, Ajang Silaturahmi Pecinta Kopi Lokal
Coffee Brothers For Indonesia dengan Cleo menggelar event Silaturasa III. Kegiatan tahunan ini akan dilaksanakan di Bamboo x Jecof, Jl. Sekejolang, Ciburial, Kab. Bandung. Agenda utama kegiatan ini adalah kompetisi kopi Cleo Brewing Competition.
OlehRauf Muhammad
10 Maret 2023 05:03
featured image
Junot Kelvin, Pegiat Kopi Bandung sedang memaparkan materi. Dok. Pribadi.

sokoguru.id—Coffee Brothers For Indonesia (CBFI) bersama dengan Cleo menggelar event Silaturasa III pada 19 Maret 2023. Event tahunan ini merupakan salah satu ajang silaturahmi antara pegiat dan pencinta kopi di Jawa Barat. Rencananya, kegiatan akan dilangsungkan di Black Bamboo x Jecof, Jl. Sekejolang, Ciburial, Kab. Bandung.

“Acara tahunan ini biasanya diadain menjelang bulan puasa. Jadi ini ajang silaturahmi pencinta dan penggerak edukasi kopi,” jelas Junot Kelvin, Ketua Pelaksana Silaturasa III. Tahun ini, Silaturasa III memiliki tagline “Silaturahmi Lewat Rasa, Sambutan Rasa Syukur Bulan Suci Ramadan”.

Junot menambahkan, dalam kegiatan ini akan ada Local Beans Showcase & Slow Bar, Bar Show Coffee Mocktails, Coffee Talkshow, Live Music, Games & Doorprize, dan Kompetisi Manual Brewing. CBFI berkolaborasi bersama Cleo untuk menggelar Kompetisi Manual Brewing tersebut.

“Cleo Brewing Competition memang jadi agenda utama. Di kompetisi ini ada 45 brewers yang bertanding. Terus 9 brewers yang terbaik bakal masuk semifinal, dari situ diseleksi lagi sampai 3 brewers untuk bertanding di final,” ungkap Junot.

Dalam kompetisi ini semua brewers akan menggunakan Sore Dripper, alat seduh yang didesain oleh Restu Dewa, dan diproduksi oleh SUJI Premium Handcrafted. Alat seduh asli buatan anak bangsa ini cukup unik, karena dipercaya akan menghasilkan seduhan yang konsisten.

“Alatnya unik, hampir bisa dibilang mirip Kalita Wave, hanya saja lubangnya lebih banyak. Itu bikin konsistensi rasa lebih maksimal. Tapi ini jadi tantangan sendiri buat brewers untuk menciptakan resep yang maksimal di dripper ini,” terang Junot.

Kopi yang akan digunakan dalam kompetisi ini pun merupakan kopi lokal. Kopi yag digunakan di babak penyisihan dan semifinal disangrai oleh Communal Coffee Indonesia dan Bandung Roaster Forum. Sementara itu untuk babak final, brewers bebas menggunakan kopi pilihannya sendiri.

Dalam event ini, semua pegiat kopi akan dengan bangga menggunakan produk lokal, baik kopi sangrai dan peralatan seduhnya. Event ini menunjukkan perkembangan industri kopi Indonesia, khususnya di Bandung, Jawa Barat. Harapannya, event ini akan diikuti dengan event-event serupa yang mendukung perkembangan industri kopi lokal.

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus