BERITA
Kemenkop: Realisasi KUR Telah Mencapai 147,65 Triliun
Realisasi KUR, mendapatkan hasil positif sepanjang kurun waktu 2022. Hal ini menjadi tangga menuju target pendanaan UMKM nasional.
OlehSalsabilla Ramadhanty
08 Juni 2022 09:38
featured image

Sokoguru.id – realisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR), sudah tercatat mencapai Rp147,65 Triliun yang sudah tersebar ke 3,17 juta UMKM di seluruh Indonesia. UMKM yang sudah terdaftar, mulai mendapatkan pendanaan secara berangsur-angsur melalui skema KUR.

Jumlah dana yang tersalurkan tersebut, setara dengan 39,57 persen dari target sebesar Rp373 Triliun di sepanjang periode 2022 ini. Capaian KUR ini menjadi tren positif untuk mencapai target yang telah ditetapkan dalam mengembangkan industri Usaha Mikro.

Koordinasi terhadap pendanaan tersebut dilakukan oleh bank penyalur dan dinas terkait dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop), demi memantapkan penyaluran KUR untuk kluster bagi usaha mikro. Tak hanya itu, pemerintah menginginkan agar penyaluran KUR ini dapat diperluas kepada sektor-sektor yang ingin mendapatkan pinjaman tanpa angunan.

Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya, koordinasi tersebut dilakukan juga dengan sektor perikanan. “Serta, berkoordinasi dengan sektor perikanan dan e-Fishery sebagai offtaker/avalis,” ujarnya dalam siaran pers virtual pada Jumat, 3 Juni 2022.

Tak hanya pendanaan untuk realisasi KUR, Eddy mengatakan, pemerintah juga tengah berupaya melakukan transformasi UMKM digital. Menurutnya, dengan begitu, program yang dijalankan semua pihak, diharapkan sesuai target.

Sejumlah program yang dimaksud antara lain, Transformasi Usaha Mikro (Tranfumi) dari Informal ke Formal dengan melakukan Fasilitas Penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB), yang berkoordinasi dengan pemerintah daerah hingga mencapai 1,2 juta NIB secara nasional.

 

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus