BERITA
Jejak Singkong di Desa Situmekar
Bagi Daryati, menjalin kekeluargaan merupakan hal yang penting. Berawal dari membuat keripik singkong, Daryati membuat Desa Situmekar menjadi penghasil produk olahan singkong di Sumedang.
OlehRauf Muhammad
09 Agustus 2022 07:28
featured image
Keripik Sawargi buatan Daryati dalam foto produk bersama sokoguru

Keripik singkong buatan Daryati diberi nama Sawargi. Produk ini diberi nama Sawargi karena diproduksi oleh Daryati sekeluarga.

“Awalnya itu, ibu yang mulai menanam singkong manggu karena sebelumnya tidak ada singkong manggu,” tutur Daryati, “cuman sayangnya, sekarang banyak kebun singkong yang beralih menjadi pabrik.”

Bagi Daryati dan pembuat olahan singkong di desanya, singkong manggu menjadi bahan dasar yang bagus. Pasalnya ketika olahan singkong seperti kripik singkong menggunakan singkong lain, hasilnya akan berbeda.

Sebagai pelopor pembuat olahan singkong di desanya, Daryati terbilang pembuat olahan singkong yang berkemauan tinggi dan selalu berinovasi. Terbukti dengan banyaknya olahan singkong yang dijajah olehnya. Kripik singkong, kicimpring, opak singkong, dan olahan kue-kue tradisional dari singkong bisa dibuat olehnya.

Bagi Daryati, singkong memberikan berkah yang luar biasa. Berkat kemauannya untuk mengolah singkong menjadi berbagai makanan, empat anaknya dapat bersekolah. Bahkan, hampir setiap penghuni rumah di desanya mengikuti jejaknya untuk menjadi pengolah singkong. Sampai timbul keinginannya suatu saat desanya dapat menjadi desa singkong yang memiliki ciri khas memproduksi segala macam olahan dari singkong.

“Ibu ingin terus menggali yang tradisional di lingkungan agar tidak hilang. Jangan sampai makanan tradisional itu hilang. Kasihan orang tua dulu. Kita perlu juga untuk melestarikan makanan tradisional buatan mereka,” tutur Daryati, “kalau bahan singkong habis, ya harus cari bahan lain. Pelaku UMKM harus kreatif, cerdik melihat kondisi, dan terus melakukan inovasi,” tegasnya.

Kini, Daryati mengharapkan untuk ke depannya semua yang berasal dari singkong dapat diolah dari umbinya hingga daunnya. Bahkan kulit singkong yang bisa diolah menjadi abon kulit singkong. 


Editor Sokoguru: Ahmad Yunus