BERITA
Catat Agenda Pekan Ekraf Jabar 2022! Mulai 20-27 November 2022
Kebangkitan ekonomi kreatif di Jawa Barat telah berlangsung sejak pelonggaran protokol Covid-19. Hal ini mesti dimanfaatkan oleh para pelaku ekonomi kreatif, serta para pemangku kebijakan untuk memulihkan kembali perekonomian di pascapandemi.
OlehRauf Muhammad
21 November 2022 04:15
featured image
Produk ekonomi kreatif asli Bandung, HIRKA, sepatu kulit ceker ayam.

sokoguru.id—Pekan Ekonomi Kreatif Jawa Barat (Pekan Ekraf) berlangsung mulai tanggal 20-27 November 2022 di berbagai daerah di Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan inisiasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, bersama dengan Kreasi Jabar.

Pada tahun ini, pelonggaran protokol Covid-19 telah dimanfaatkan oleh para pelaku ekonomi kreatif untuk kembali berkarya secara aktif di ruang-ruang fisik dan terbuka. Itu adalah respons alami para pelaku ekonomi kreatif setelah masa pandemi Covid-19 menggerus perekonomian dari Rp 1,2 triliun menjadi Rp 1,1 triliun saja pada tahun 2020-2021.

Geliat ini dibarengi dengan berbagai kolaborasi antara pelaku ekonomi kreatif, dengan tujuan membangun kembali perekonomian seperti sedia kala. Selain itu, kolaborasi mampu memunculkan inovasi yang dapat memberikan dampak sosial dan budaya.

Pekan Ekraf Jabar 2022 merupakan kegiatan kolaboratif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Kreasi Jabar, bersama mitra yang berasal dari kalangan pemerintah, perguruan tinggi, dan komunitas.

Membawa spirit kolaborasi, Pekan Ekraf Jabar 2022 diselenggarakan tersebar di berbagai wilayah, yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Sumedang, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kota Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kota Bandung.

Inilah rangkaian kegiatan Pekan Ekraf Jabar 2022:

- 20 November: Market Town UNPAD (Unpad, Sumedang) & South Creative Week (De Katsu, Kab Bandung Barat);

- 21-25 November: CAP Jabar Exhibition & Talkshow (Gedung PPK, Kota Bandung);

- 22 November: Sosialisasi Makerspace Digital Kreatif 2023 (Cimahi Technopark, Kota Cimahi);

- 24 November: Talkshow Inspiring Entrepreneur (Pasar Isola UPI, Kota Bandung), Talkshow FnB Kitchen Hub (Creative Center Purwakarta), DIBURUAN FEST 2022 (VirageAwie, Kab Bandung Barat);

- 24-27 November: Literasi Fest (Rumah Mesra, Kota Sukabumi);

- 25 November: Me-Lirik Lagu (Cafe Nakara, Kota Bandung) & DIBURUAN FEST 2022 (VirageAwie, Kab Bandung Barat)

- 26 November: Talkshow FnB Kitchen Hub (Creative Center Bogor), Awarding CAP Jabar & Closing Pekan Ekraf Jabar 2022 (Laswee, Kota Bandung)

- 27 November: Pekan Kreasi Jabar (Creative Center Cirebon) & Bekasi Heritage Trail (Gedong Papak, Kota Bekasi)

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus