BERITA
5 Destinasi Wisat Super Prioritas Yang Wajib Kamu Kunjungi
5 destinasi wisata super prioritas ini, memiliki segudang keindahan yang wajib sekali dimasukkan ke dalam list berlilbur! Check this out!
OlehSalsabilla Ramadhanty
16 Juni 2022 07:54
featured image

Sokoguru.id – menjelang masa liburan, lima destinasi super prioritas Indonesia yakni Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, Danau Toba dan Likupang menawarkan pesona tersendiri.

Menurut catatan aplikasi perjalanan dan gaya hidup, Traveloka, lima destinasi super prioritas di Indonesia mengalami lonjakan minat kunjungan. Salah satunya Yogyakarta yang terkenal dengan keindahan wisata candinya, yang menjadi primadona domestik paling favorit pengguna selama periode April – Mei tahun ini.

Berikut ulasan lima destinasi super prioritas Indonesia dikutip dari siaran pers Traveloka pada Jumat:

1.Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Buddha terbesar di dunia dibangun pada masa Dinasti Sailendra, yakni antara 780-840 SM. Terletak di kabupaten Magelang, Jawa Borobudur, Candi Borobudur juga menjadi lokasi peringatan Hari Raya Waisak yang digelar secara nasional dengan kegiatan menerbangkan lampion saat malam hari sebagai salah satu daya tariknya.

Oleh karena itu, candi Borobudur memiliki pesona tersendiri yang membuat wisatawan ingin Kembali lagi menjelajahi keindahan Candi Borobudur yang ikonik dan bersejarah.

Kamu dapat datang ke Candi Borobudur pada pagi hari Ketika matahari masih belum terlalu terik. Namun, jam buka Candi dapat berubah-ubah, jadi kamu wajib memastikan terlebih dahulu dan memesan tiket di Traveloka Xperience Candi Borobudur, yang dikelilingi tempat wisata alam.

Kalau kamu sanggup bangun pagi, kamu bisa mengikuti tur melihat sunrise (matahari terbit) dengan siluet Candi Borobudur di Punthuk Setumbu.

Jika kamu menyukai kegiatan yang memacu adrenalin, kamu bisa menjajal farting di Sungai Elo. Sementara bagi pemburu spot foto berlatar hamparan sawah hijau nan unik, kamu bisa ke Svargabumi.

Jarak tempuh dari Candi Borobudur sekitar 3-4 kilometer saja, kamu bisa mengunjungi beberapa desa wisata yang bisa kamu jadikan tempat inap atau mencoba aneka paket wisata lainnya. Diantaranya, Desa Wisaata Karangrejo, Desa Wisata Wanurejo, dan Desa Wisata Candirejo.

2.Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Nama Mandalika di kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, semakin dikenal berkat ajang MotoGP Mandalika 2022. Umumnya, wisatawan bisa mengunjungi bukit di sekitar Sirkuit Mandalika atau bersantai di banyak pantai.

Seperti Pantai Kuta Lombok, jadi salah satu destinasi wisata yang wajibdidatangi karena pasirnya yang terlilhat mirip butiran merica. Kamu juga bisa ke Pantai Tanjung Aan atau Pantai Seger yang sudah cukup dikenal masyarakat.

Tak hanya wisata pantai, selama kamu menginjak kabupaten ini, budaya masyarakat setempat bisa kamu jejali dengan mengunjungi berbagai desa wisata, yang diantaranya, Desa Sade dan Desa Sukarara. Kamu juga bisa mengetahui lebih jauh mengenai suku sasak, atau rumah tradisionalnya yang beratap tumbuhan. Di sisi lain, kamu bisa sekaligus mempelajari cara menenun dari masyarakat setempat.

3.Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo di kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur menawarkan pengalaman melihat kadal raksasa di habitat aslinya. Kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Komodo, temasuk pulau Komodo dan Pulau Rinca. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati Ketika mengunjungi Taman Nasional Komodo, sebab Komodo masih termasuk reptil karnivora.

Destinasi lainnya yang bisa dikunjungi bagi kamu yang menyukai berfoto-foto ria, kamu jangan lewatkan pulau Padar yang terkenal akan pemandangan perbukitan dan pantainya yang cantik.

4.Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba memiliki sekitar 1.130 kilometer persegi, terbentang di 8 kabupaten Sumatera Utara, yaitu kabupaten Karo, Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Pakpak Bharat dan Dairi.

Di sini, kamu bisa menikmati keindahan danau Toba dari ketinggian Menara Pandang Tele, Bukit Holbung, atau Bukit Gajah Bobok. Dari sudut pandang tersebut, terhampar pemandangan yang tercatat Guiness World of Records, sebagai danau kawah terbesar di dunia tersebut.

Jika kamu tertarik ke destinasi wisata yang unik, kamu bisa mengunjungi pemandian Air soda di Desa Parbubu, Tapanuli Utara. Ketika diminum, rasa air di tempat tersbut, mirip rasa soda dengan buih-buih khas sodanya. Selain di Indonesia, wisata sejenis juga ada di Venezuela, Amerika Selatan, lho.

5.Likupang, Sulawesi Utara

Surga tersembunyi di Sulawesi Utara ini terkenal akan wisata alam dan baharinya. Kamu akan disuguhkan pemandangan menakjubkan dengan warna warni terumbu karang dibalut air laut yang masih jernih.

Keasrian yang bisa didapatkan yakni dengan mengunjungi Pantai Paal dan Pantai Likupang. Kedua pantai tersebut menjadi dua destinasi yang bisa didatangi. Jika ingin lebih jauh mengeksplor, kamu juga bisa menjelajahi sejumlah pulau, meliputi Pulau Lihaga, Pulau Gangga, Pulau Bangka, serta Pulau Talise. Ada juga pantai Kinunang dengan pasir putihnya.

Berjarak sekitar 650 meter dari pantai tersebut, kamu bisa menjelajahi bukit Larata yang memiliki pemandangan rumput hijau yang membentang. Pas sekali dijadikan sebagai spot foto-foto.

Itulah rekomendasi perjalanan bagi kamu yang ingin mengunjungi destinasi wisata Prioritas di berbagai daerah. Dengan merencanakan perjalanan dan wisata ke destinasi super prioritas, kamu tidak hanya mendapatkan pengalaman wisata yang menyenangkan, tetapi sekaligus membantu usaha UMKM di tanah air.

Pewarta : Ida Nurcahyani | Editor Antara : Maria Rosari Dwi Putri 

 

Editor Sokoguru: Ahmad Yunus